KUMPULAN SOAL DASAR RPL
Bidang: Pemograman Dasar
Bidang: Pemograman Dasar
1.
#include // header file
#include
Void main()
{
Clrscr(); // membersihkan layar
Int a,b,c; //tipe data integer
Cout<<”masukkan
angka :”;cin>>a; // menampilkan tulisan
Cout<<”masukkan
angka :”;cin>>b;
{
C=a+b;
\\ operator aritmatika
Cout<<”a+b”<<”=”<
Getch();
}
Dari program diatas, manakah yang
disebut header file?
a. dan
b. void
main()
c. int
a,b,c
d. getch();
Jawab: A
2.
Dari
program diatas, dibawah ini manakah yang disebut variabel?
a. a,b,c;
b. c=a+b;
c. void
main
d. Clrscr();
Jawab: A
3.
Apakah
fungsi dari tanda // pada bahasa c++?
a. Memberikan
syarat pada program
b. Memberikan komentar pada program
c. Memberikan
kritik pada program
d. Memberikan
nilai pada program
Jawab: B
4.
Identifier
yang digunakan untuk mengidentifikasi data yang nilainya sudah ditentukan. Dan
tidak dapat dirubah saat program berjalan, disebut?
a. Variabel
b. Konstanta
c. Tipe
data
d. Label
Jawan: B
5.
Apakah
fungsi dari printf?
a. Menampilkan
variabel
b. Menampilkan
hasil program
c. Menampilkan tulisan
d. Menghapus
kalimat
Jawab: C
6.
Apakah
perbedaan dari cout dan cin?
a. Keluaran
dan keluaran
b. Masukkan
dan masukkan
c. Keluaran dan masukkan
d. Masukkan
dan keluaran
Jawab: C
7.
Yang
merupakan operator logika adalah...
a. And
b.
Don’t
c.
Sit
d.
endl
Jawab: A
8.
merupakan
fungsi masukkan yang digunakan untuk menyimpan data dalam suatu variabel
adalah....
a.
clrscr
b.
getch
c. cin
d.
printf
jawab: C
9.
Apakah fungsi dari tanda {} pada
c++?
a.
Mengkompile program
b. Mengeksekusi
program
c. Memberikan
Komentar
d. Memblok Program
jawaban: D
10. Apakah fungsi dari tipe data char?
a. Menulis karakter
b. Menulis
nilai huruf
c. Memberikan
efek
d. Memberi
warna
Jawab: A
Essay
1. Buatlah program untuk menampilkan
urutan angka seperti berikut!
12
123
1234
12345
OUTPUT
Jawab:
#include
#include
1.
Sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling
berhubungan dalam melaksanakan tugasnya merupakan pengertian dari...
a. Jaringan komputer
b. Manajemen komputer
c. System komputer
d. System informasi
e. Jaringan dasar
J=A
2.Jaringan dengan area operasi lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (disebuah kota), dengan kapasitas data dan performa hardware yang tinggi merupakan pengertian dari...
a. SAN (Storage Area Network)
b. WAN ( Wide Area Network )
c. MAN (Metropolitan Area Network)
e. Network peer-to-peer
d. Network client – server
J=C
3. Berikut ini perangkat yang umum digunakan ketika kita akan membuat jaringan LAN, kecuali...
a. Repeater c. Antena e. Access Point
b. Hub d. Switch
J=C
4.Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server merupakan pengertian dari...
a. Client–server
b. Peer-to-peer
c. Server
d. Workstation
e. Local host
a. Jaringan komputer
b. Manajemen komputer
c. System komputer
d. System informasi
e. Jaringan dasar
J=A
2.Jaringan dengan area operasi lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (disebuah kota), dengan kapasitas data dan performa hardware yang tinggi merupakan pengertian dari...
a. SAN (Storage Area Network)
b. WAN ( Wide Area Network )
c. MAN (Metropolitan Area Network)
e. Network peer-to-peer
d. Network client – server
J=C
3. Berikut ini perangkat yang umum digunakan ketika kita akan membuat jaringan LAN, kecuali...
a. Repeater c. Antena e. Access Point
b. Hub d. Switch
J=C
4.Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server merupakan pengertian dari...
a. Client–server
b. Peer-to-peer
c. Server
d. Workstation
e. Local host
J=B
5.
Topologi jaringan komputer yang sangat mudah digunakan adalah topologi...
a. Bus
b. Tree
c. Ring
d. Mesh
e. Star
a. Bus
b. Tree
c. Ring
d. Mesh
e. Star
J=E
6. Topologi yang merupakan gabungan dari beberapa
topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus sebagai backbone,
disebut.............
A. Topologi Bus
B. Topologi
Ring
C. Topologi
Star
D. Topologi
Mesh
E. Topologi
Tree
J=E
7.Topologi jaringan komputer yang
menggunakan concentrator (hub/switch) sebagai pengatur paket data. Topologi ini
berbentuk seperti bintang, merupakan pengertian.........
A.Topologi
Bus
B. Topologi
Ring
C. Topologi
Star
D.Topologi
Mesh
E.Topologi
Tree
J=C
8.
Berikut merupakan kekurangan
topologi bus, kecuali............
A. Memerlukan
terminator untuk kedua ujung backbone
B. Sulit
untuk menambah jaringan
C. Kecepatan
rata-rata transfer informasi untuk setiap perangkat sangat lambat
D. Biaya instalasi sangat murah
E.
Jika backbone atau node nya bermasalah, rangkaian tidak dapat berfungsi
J=D
9.
Dibawah ini merupakan warna pada
kabel UTP, kecuali......
A. Orange
B.
Putih
C.
Hijau
D. Hitam
E.
Biru
J=D
10.
Jenis jaringan komputer dimana
server melayani permintaan client adalah....
A. Peer
to Peer
B. Client Server
C.
Intranet
D. Internet
E.
Workstation
J=B
URAIAN
Tuliskan dan jelaskan
urutan tata cara menginstal win
7.
BIDANG: SISTIM KOMPUTER
1.
Bilangan biner adalah bilangan yang berbasis ….
a. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 1 dan 2
b. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
c. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
d. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
e. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 – 15
a. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 1 dan 2
b. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
c. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
d. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
e. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 – 15
2.
Bilangan heksadesimal adalah bilangan yang berbasis ....
a. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
b. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 dan 17
c. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
d. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
e. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 – 9
a. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
b. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 dan 17
c. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
d. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
e. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 – 9
3.
Bilangan Desimal adalah bilangan yang berbasis ....
a. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 dan 10
b. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
c. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
d. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
e. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 – 15
a. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 dan 10
b. Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1
c. Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9
d. Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7
e. Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 – 15
4.
227(10) dikonversikan ke sistem biner mempunyai nilai ....
a. 11001111 c. 11110101 e. 1110111
b. 11100011 d. 1110011
a. 11001111 c. 11110101 e. 1110111
b. 11100011 d. 1110011
5.
C7(16 ) Bilangan Heksadimal dikonversikan ke sistem biner mempunyai nilai
....
a. 11000111(2) c. 11111000(2) e. 11111101(2)
b. 11001111(2) d. 11110001(2)
a. 11000111(2) c. 11111000(2) e. 11111101(2)
b. 11001111(2) d. 11110001(2)
6.
Bilangan biner merupakan sistem bilangan yang mempunyai radik paling kecil
....
a. 0 c. 2 e. 8
b. 1 d. 6
a. 0 c. 2 e. 8
b. 1 d. 6
7.
01011001 ....
a. 89 c. 78 e. 79
b. 87 d. 88
a. 89 c. 78 e. 79
b. 87 d. 88
8.
Dalam Kode BCD menggunakan kode biner sebanyak ... Bit
a. 2 c. 4 e. 8
b. 3 d. 6
a. 2 c. 4 e. 8
b. 3 d. 6
9.
Hasil dari penjumlahan bilangan biner 1011( 2 ) + 1101( 2 ) adalah ....
a. 11000(2) c. 11100(2) e. 010110(2)
b. 11001(2) d. 010010(2)
a. 11000(2) c. 11100(2) e. 010110(2)
b. 11001(2) d. 010010(2)
10. jika dituliskan dalam
kode BCD yang benar adalah ....
a. a.00111001 c. 0011 1011 e. 0011101
b. 0011 1001 d. 10010111
a. a.00111001 c. 0011 1011 e. 0011101
b. 0011 1001 d. 10010111
11. Gambar
berikut adalah gerbang logika
a.NOT c. NOR e.
NAND
b. OR d.AND
b. OR d.AND
URAIAN
Jelaskan
pengertian dari Gerbang Logika AND, OR dan NOT
BIDANG : DESAIN GRAFIS
1. Desain grafis yang
berbasis besaran dan arah, atau magnitude dan direction adalah….
a.
Bitmap
b.
Vektor
c.
Grafis
d.
Photoshop
e.
Corel
J=B
2. Ada 2 (dua) model warna paling umum adalah…
a. RGB dan MCKY
b. BRG dan CMYK
c. CMYK dan RGB
d. CMYK dan GBR
e. CMYK dan BGR
a. RGB dan MCKY
b. BRG dan CMYK
c. CMYK dan RGB
d. CMYK dan GBR
e. CMYK dan BGR
J=C
3. Gambar vector jika
diperbesar maka…
a.
Akan
pecah
b.
tidak
akan pecah
c.
Bureng
d.
Gelap
e.
tidak jelas
J=B
4. Digunakan untuk menyisipkan text dalam lembar
kerja CorelDraw adalah...
a.
Outline
tools
b.
Paragraph
tools
c.
.Polygon
tools
d.
Ellipse
tool
e.
Text
tool
J=E
5. Rectangle Tool
berfungsi untuk...
a.
Membuat
garis lurus
b.
Membuat
persegi atau persegi panjang
c.
Membuat
lingkaran atau Elips
d.
Membuat
segitiga atau segi banyak
e.
Membuat
gambar spiral
J=B
6. Digunakan untuk
membentuk berbagai objek garis artistic adalah…..
a.
Crop
tool
b.
Shape
Tool
c.
Pen
Tool
d.
Zoom
Tool
e.
Artistic
media Tool
J=E
7. Dimension Tool adalah
alat untuk...
a.
Membuat
garis artistic
b.
membuat
kurva
c.
Membuat
Tabel
d.
Membentuk
garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya
e.
Semua
Benar
J=D
8. Fasilitas untuk menempatkan text pada path
disebut….
a.
Align
to Baseline
b.
Text
Alignment
c.
Fit
Text to Path
d.
Fit Text to Frame
e.
Straight
Text
J=C
9. Perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Trimble
dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat
dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di 3D Warehouse adalah...
a.
Coreldraw
b.
Macromedia
Flash
c.
SketchUp
d.
Photoshop
e.
Ms.
PowerPoint
J=C
10. Perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe
Systems yang digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar
tersebut.
a.
Coreldraw
b.
Macromedia
Flash
c.
SketchUp
d.
Photoshop
e.
Ms.
PowerPoint
J=B
URAIAN:
A.Jelaskan yang dimaksud dengan desain grafis berbasis bitmap/raster.dan contoh ektensi
filenya
B. Jelaskan yang dimaksud dengan desain grafis berbasis vector dan contoh ektensi filenya.
1. Grafis bitmap (raster)
Gambar raster atau bitmap adalah gambar yang tersususn dari titik-titik penyusun yang disebut piksel. Gambar raster dibuat dengan perangkat lunak berbasis piksel atau dibuat dengan kamera. Gambar raster ini lebih umum dan banyak digunakan di web. Grafis bitmap biasa digunakan untuk menyimpan foto. File grafis bitmap dapat berekstensi BMP (bitmap), PNG (prtable network graphic), JPG (file foto standar Joint Photographic Experts Group), GIF (Graphic Interchange Format)
2. Grafis Vektor
Gambar vektor adalah gambar yang tersusun dari bentuk-bentuk (shape) dan garis. Gambar vektor dibuat dengan perangkat lunak vektor dan umumnya digunakan untuk gambar yang akan diterapkan ke produk fisik. Misalnya dalam CAD (Computer assisted design). Gambar vektor juga digunakan pada gambar teknik, dan gambar 3D.
File grafis vektor dapat berekstensi SVG (Scalable Vector Graphics), EPS (Encapsulated PostScript), PDF (Portable Document Format), AI (Adobe Illustrator)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar