CONTOH SOAL SUBSTANSI CAKEP
Instrumen 1
Skenario :
SMP Peduli adalah salah satu sekolah
yang berada di ibu kota kecamatan Anyer. Letak sekolah sangat strategis dan
mudah dijangkau. Sekolah memiliki lahan yang luas dan ditanami oleh pepohonan
yang bisa dijadikan sumber belajar peserta didik. Sekolah juga memiliki gedung
perpustakaan yang memadai dengan koleksi buku yag lengkap. Komite sekolah
sangat mendukung terhadap kemajuan sekolah. Sekolah juga memiliki jaringan
internet yang kuat dan bagus.
Guru di SMP Peduli sudah melaksanakan
penilaian, namun hasil penilaian tidak pernah dikembalikan ke peserta didik.
Sebagian besar guru juga menentukan KKM tidak dengan acuan yang benar. Guru
tidak pernah melaksanakan program remidial dan pengayaan. Guru juga tidak
membuat kisi-kisi soal ulangan
.........dst
a. Tulis faktor pendukung yang
dimiliki sekolah tersebut!
Jawaban :
1. Letak sekolah sangat
strategis dan mudah dijangkau
2. Sekolah memiliki
lahan yang luas dan ditanami pepohonan, bisa digunakan sebagai sarana belajar
3. Sekolah memiliki
perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap
4. Komite sekolah
sangat mendukung kemajuan sekolah
5. Jaringan internet di
sekolah bagus
b. Tulis faktor penghambat sekolah!
Jawaban :
1. Hasil penilaian
tidak pernah diberikan kepada peserta didik
2. Guru menyusun KKM
tidak sesuai dengan acuan yang ditetapkan
3. Sebagian besar guru
tidak melaksanakan program remidial dan pengayaan
4. Sebagain besar guru
tidak membiat kisi-kisi soal ulangan
c. Buat visi misi berdasarkan faktor
pendukung dan penghambat di atas!
Jawaban : Terwujudnya peserta didik yang
cerdas, trampil, mandiri, unggul dalam literasi, berfikir global dan berwawasan lingkungan.
d. Sebutkan satu standar yang harus
dipenuhi berdasarkan skenario di atas!
Jawaban : Standar
Penilaian
e. Alasan ?
Jawaban : Karena
sekolah belum memenuhi standar penilaian
f. Kegiatan apa yang akan dilakukan
untuk pemenuhan standar?
Jawaban : Workshop
Penilaian Kurikulum 2013
g. Alasan
Jawaban : Karena
sebagain besar guru belum melaksanakan penilaian dengan benar
h. Tuliskan langkah-langkah
pelaksanaan kegiatan pemenuhan standar?
Jawaban : ...
Instrumen 2
Skenario :
SMP Nusantara memiliki kegiatan rutin tiap tahun
melaksanakan karyawisata. Daerah yang dikunjungi bermacam-macam. Ke gunung,
pantai, kebun binatang, dan banyak lagi. Tahun ini SMP Nusantara berkaryawisata
ke Danautoba. Sebelum berangkat, kepala sekolah memastikan bahwa persediaan
obat-obatan untuk diperjalanan. Jalan menuju obyek wisata berkelok-kelok dan
naik turun gunung. Ada beberapa siswa yang pusing dan mabuk perjalanan.
a. Carilah masalah utama dari skenario di atas!
Jawaban : Ada beberapa siswa yang pusing
dan mabuk perjalanan
b. Alasan masalah utama?
Jawaban : Karena jalan menuju obyek
wisata berkelok-kelok dan naik turun gunung
c. Solusi terhadap masalah utama?
Jawaban : Diberikan obat anti mabuk
d. Alasan ?
Jawaban : Karena di setiap bus telah
disediakan obat anti mabuk
Instrumen 3
Skenario:
SMP Samudra mengadakan kunjungan ke musium. Anak-anak
kelas VII dan VII ikut dalam rombongan dengan menggunakan satu bus. Rombongan
tiba di musium pada pukul 10.00. Mereka berkeliling musium dibimbing oleh guru.
Diakhir kegiatan, seorang guru tiba-tiba panik. Ternyata ada beberapa siswa
yang belum kumpul di titik kumpul ketika rombongan akan pulang.
a. Carilah masalah utama dari skenario di atas!
Jawaban : Ada guru yang panik
b. Alasan masalah utama?
Jawaban : Karena ada beberapa siswa yang
belum kumpul di titik kumpul ketika rombongan akan pulang.
c. Kepala sekolah bertindak dengan cara melaporkan
kejadian tersebut ke petugas keamanan. Menurut anda, bagaimana sikap kepala
sekolah tersebut?
- Sangat memuaskan
- Memuaskan
- Kurang memuaskan
d. Apa yang seharusnya dilakukan kepala sekolah?
Seharusnya kepal sekolah terlebih dahulu
mencari keberadaan anak tersebut. Cek keberadaan anak dengan cara dihubungi
lewat telepon genggam. Jika masih belum ditemukan, dicari di lokasi terakhir
terlihat oleh siswa lain. Jika masih belum ketemu barulah dilaporkan kepada
petugas keamanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar